Senin, 29 November 2010

Kesenian Sumenep Tampil di TMII

SUMENEP - Sebanyak 5 kesenian tradisional khas daerah Sumenep akan unjuk kebolehan di anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah (TMII) selama 2 hari, yakni tanggal 12-13 (Minggu hingga Senin) Menurut Kabag Humas Pemda Kabupaten Sumenep, Drs H Didik Untung Samsidi, kesenian tradisional yang bakal tampil diantaranya seni tradisional Topeng Putri, Tari Pecut, Tari Codik Sumekar, dan Upacara Pengantan Sonat.


Tujuan digelarnya seni tradisional Sumenep di TMII itu, tambah Didik, untuk meningkatkan apresiasi seni budaya masyarakat Madura, terutama Sumenep yang memang kaya dengan bermacam kesenian daerah bernuansa ritual keagamaan. Misalnya, acara Pangantan Sonat. Selain itu, melalui penampilan sini budaya itu diharapkan bisa mengangkat nama daerah sekaligus memperkenalkan khas kesenian Sumenep.

Barangkali dengan penampilan seni budaya ini, kata Didik, dapat diketahui bagaimana adat istiadat daerah Sumenep. ''Juga diharapkan mampu menarik minat wisatawan domistik dan manca negara untuk berkunjung ke Sumenep,'' harapnya.
Diharapkan pula, kepada para ofisial kesenian untuk dapat menyajikan suguhan atraksi seni budaya yang mengandung makna pesan dan adat kebiasaan sehari-hari di Sumenep dalam kemasan seni yang apik,'' harap Didik.

Sementara itu, ketua rombongan Drs R Syaiful Arifin, mengatakan bahwa pihaknya akan menjaga stamina peserta yang terdiri 26 anggota seniman tari putera dan putri. ''Semoga kami di Jakarta tampil tidak mengecewakan,'' katanya, saat berangkat kemarin Jumat (10/11) di depan musium Sumenep.

0 komentar:

Laman

Entri Populer

Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket
Widget by : Opty
zainuru_qirae | Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all