Rabu, 01 Desember 2010


pengrajin terasi ambunten

Madura merupakan kepulauan yang terkenal dengan terasinya. Kabupaten Sumenep merupakan salah satu daerah yang memproduksi Terasi Udang. Kabupaten Sumenep dengan liputan wilayahnya tersebut menggambarkan profil yang terkandung didalamnya. Sumber daya alamnya, sumber daya mineral, pertanian, perikanan dan lain-lain. Hasil tambaknya yang melimpah seperti garam dan udang sudah terkenal kwalitasnya ke seluruh Nusantara bahkan ke seluruh dunia karena garam dan udang produksi Sumenep sudah mampu menembus pasar dunia atau Eksport.

Terasi merupakan hasil olahan udang sehingga tidak diragukan lagi kwalitas terasi sumenep. Meskipun masih dikelola secara tradisional dan sederhana namun pemasarannya sudah menembus pasar dunia. Adapun cara pembuatan terasi sebagai berikut:
  1. Langkah pertama, menyediakan bahan utamanya yaitu udang kecil yang biasa disebut rebon dikeringkan dahulu, setelah kering di tumbuk hingga halus lalu dicampur dengan garam dan pewarna;
  2. Setelah semua bahan tercampur, tersai dibentuk sesuai dengan selera. Kemudian di diamkan di tempat yang sejuk selama dua hari dua malam, agar hasilnya lebih bagus lagi yaitu tahan lama dan empuk terasi harus dijemur pada terik matahari, tujuannya agar terasi kering.
  3. Setelah kering terasi siap dikemas dan di pasarkan
  4. Produksi terasi udang Ambunten Laok meningkat pada bulan Januari-Februari, karena pada saat itu adalah musim panen udang. Dan untuk pemasarannya yaitu daerah Jember-Pasuruan dan ke luar negeri.
  5. Deskripsi Pengolahan / Pengembangannya
    Masalah yang dihadapi para produksi terasi sampai saat ini adalah masalah penentuan harga, masalahnya harga terasi di pasaran beragam, antara produksi yang satu dengan yang lain berbeda signifikan. Sehingga diharapkan adanya penentu harga yang tetap dan mampu memberi keuntungan kepada produsen dan konsumen.
    Masalah lain adalah mengenai sarana dan prasarana, karena sampai saat ini produksi terasi masih dilakukan secara sederhana, diharapkan bantuan dari investor atau pemerintah untuk memberikan bantuan modal atau alat-alat produksi.

0 komentar:

Laman

Entri Populer

Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket
Widget by : Opty
zainuru_qirae | Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all