Senin, 29 November 2010

Islam Jangan Hanya Jadi Penonton


Islam bukan hanya soal aqidah dan syariat saja. Dua hal itu sudah tidak perlu diperdebatkan lagi. Ada hal yang juga harus menjadi perhatian umat Islam. Yakni masalah ilmu pengetahuan, peradaban, budaya dan kemanusiaan. Jika hal kontekstual ini tidak menjadi perhatian, Islam hanya akan jadi penonton saja atas berkembangnya dunia.


Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj saat pelantikan PCNU Lamongan di Gedung Bhineka Karya setempat, Kamis (25/11). Dikatakan Said, Islam bukan hanya doktrn yang datangnya dari langit (Allah SWT) saja. Menurut dia, Islam juga menuntut umatnya untuk melakukan kreasi.

“Allah telah memberi kepercayaan pada manusia untuk mengelola dan menggali potensi alam semesta. Jangan berhenti pada apa yang sudah ada, teruslah lakukan upaya uji coba dan kreasi sesuai dengan kemampuan dan proporsi masing-masing. Ada banyak permasalahan kontekstual di zaman sekarang yang harus mendapat perhatian dan solusi dari ulama Islam. Kalau ini tidak dilakukan, kita hanya akan jadi penonton. Hanya jadi orang-orang di pinggiran, “ ujarnya.

Dicontohkan kan olehnya, dulu dengan kitab kuning sudah cukup untuk memberikan pengetahuan pada murid. Namun sekarang kitab kuning saja tidak cukup, karena ada begitu banyak media yang telah muncul dan berkembang. Selain itu, anak zaman sekarang tentunya menghadapi permasalahan yang tidak sama dengan yang dihadapi pendahulunya.

“Kreatifitas harus terus dikembangkan jika kita tidak ingin semakain ketinggalan. Namun kreatifitas yang dilakukan tentunya haruslah yang bertanggung jawab dan memakai dasar serta sistem yang benar dalam Islam, “ kata dia.

Pengurus Cabang NU Lamongan masa khidmat 2010-2015 tersebut dilantik Ketua PWNU Jatim Mohammad Hasan Mutawakkil Alallah. Sebagai Rais Syuriah PCNU Lamongan adalah KH Ali Imron Muhammad dan sebagai ketua adalah Habib Husein AL Hadad. Hadir dalam pelantikan itu Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf yang juga Wakil Ketua PBNU, Bupati Lamongan Fadeli dan Wabup Amar Saifudin serta sejumlah muspida setempat.

Fadeli dalam sambutannya berharap agar warga nahdliyin tetap tampil di depan sebagai pendahulu. Sebagaimana halnya yang telah dilakukan di masa-masa yang lalu. “Saya berharap semua kader NU menerapkan prinsip-prinsip dasar NU untuk membangun umat dan juga membantu Kabupaten Lamongan, “ ucap dia.

0 komentar:

Laman

Entri Populer

Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket
Widget by : Opty
zainuru_qirae | Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all